SITOMPUL.ORG || PRTSBSI - Persatuan Raja Toga Sitompul & Boru Seluruh Indonesia
Navigation
Member Poll
Sitompul dari keturunan yang manakah anda?

Lumban Toruan
Lumban Toruan
15% [2 Votes]

Lumban Dolok
Lumban Dolok
23% [3 Votes]

Siringkiron
Siringkiron
0% [0 Votes]

Sibangebange
Sibangebange
62% [8 Votes]

Votes: 13
You must login to vote.
Started: 19.07.13
Users Online
» Guests Online: 1

» Members Online: 0

» Total Members: 30
» Newest Member: ivand sitompul
Login
Username

Password



Not a member yet?
Click here to register.

Forgotten your password?
Request a new one here.
Latest Articles
Forum Threads
Shoutbox
You must login to post a message.

29-01-2014 12:48
@Bernad & Yubel, Horas ma... Molo adong na naeng di share email hamu ma tu admin da... Wink

28-01-2014 15:17
horas ma di hita sa sudena marga sitompul Shock

28-01-2014 14:00
Horas ma dihita saluhutna

13-08-2013 12:28
Horas ma dihita saluhutna... Smile

13-07-2013 23:27
Selamat bergabung bang douglas & bang ibet Grin

Shoutbox Archive
Sejarah Perjalanan Marga Sitompul
sticky
Sejarah Perjalanan Marga Sitompul “Dimulai dari Onan Raja Balige ke Gurgur sampai ke Si- lindung terus ke Pahae, Sibolga, Sipirok, Padang Sidimpuan Tapanuli Selatan dan tanah rantau termasuk ke Pekanbaru”
Sesuai dengan informasi yang diperoleh tim sejarah dari Ompu Jaya Hasibuan atau Ama Roma yang tinggal di Desa Sigaol Timur Kecamatan Uluan Kabupaten Tobasa bahwa Raja Sobu pada awalnya bertempat tinggal di Onan Raja Balige, persisnya adalah di lokasi Rumah Sakit Umum HKBP Balige yang sekarang.
Tim sejarah pun meluncur ke Balige dan melakukan pemotretan terhadap kawasan Rumah Sakit Umum HKBP Balige, Senin, 28 Maret 2011. Setelah itu tim meluncur ke Gurgur yaitu Desa Gurgur Aek Raja Kecamatan Tampahan Tobasa. Tim singgah di Gurgur melakukan pemotretan kawasan Gurgur. Ketika tim memandang ke arah Tao Toba dari tempat pemandangan Adian Nalambok terlihat sebuah pemandangan indah.
Menurut cerita, di Desa Gurgur Aek Raja inilah Raja Toga Sitompul bertempat tinggal dan hidup bersama masyarakat disana. Dia kawin dengan seorang putri yang cantik jelita namanya Bunga Marsondang Boru Siregar. Begini ceritanya. Suatu ketika, Raja Toga Sitompul sedang santai duduk di atas pohon sambil menikmati indahnya kawasan gunung dan Tao Toba. Dalam hatinya dia berdoa dan meminta kepada Ompu Mulajadi Nabolon agar ditunjukkan seorang putri atau gadis untuk dijadikan istri agar hidupnya tidak kesepian.
Mari mengenal Caleg DPR-RI (LOUISE M.A. SITOMPUL, SH, M.Kn)
Mari mengenal Caleg DPR-RI (LOUISE M.A. SITOMPUL, SH, M.Kn)Nama Lengkap:
Louise Monica Antoinette Sitompul, SH, M.Kn

No. Urut Parpol:
6

Nama Parpol:
Gerindra

Daerah Pemilihan:
DKI Jakarta I (Jakarta Timur)

No. Urut Bakal Calon:
5 (Lima)

Tempat, Tgl Lahir / Umur:
Bandung, 29 November 1957 / 55 Tahun
Mari mengenal DR. Dr. Ratna Sitompul, SpM(K)
Mari mengenal DR. Dr. Ratna Sitompul, SpM(K)Ratna Sitompul, lahir di Jakarta, 6 Februari 1961, adalah Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Beliau merupakan staf sub bagian infeksi dan immunologi Bagian Ilmu Kesehatan Mata FKUI/RSCM. Dekan wanita pertama di FKUI ini mendapat gelar dokter umum dari FKUI pada tahun 1990. Pada tahun 1994, beliau menyelesaikan spesialisasinya di bagian ilmu penyakit mata FKUI. Di UI juga, beliau meraih gelar doktor pada tahun 2005.

Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K) telah memiliki serangkaian pengalaman mengajar di FKUI sejak tahun 1994. Sebagian besar, beliau mengajar untuk tingkat S1, namun sempat juga beberapa kali untuk tingkat S2. Beliau telah melakukan banyak kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah sejak tahun 1986.
Legenda Boru Tompul Sopurpuron
Legenda Boru Tompul SopurpuronBeragam cerita yang muncul tentang legenda Boru Tompul Sopurpuron. Bila kita membacanya baik dalam buku maupun di internet yang ditulis oleh orang yang bukan marga Sitompul, kita akan mendapatkan perbedaan yangpaling menyolok. Salah satu diantaranya soal nama itu sendiri. Ada yang menyebutnya Boru Tompul Sipurpuron ada pula yang menyebut Boru Tompul Sopurpuron. Tidak hanya soal penulisan nama, tapi isi daripada tulisan itu simpang siur.

Advendes Pasaribu menuliskan di internet bahwa Boru Tompul Sipurpuron kawin dengan seorang yang bernama Martua Raja Doli, tapi tidak disebutkan marganya.Boru Tompul dalam cerita itu disebut sebagai istri ketujuh dari Martua Raja Doli. Dalam cerita lain di internet ada juga yang menyebut Boru Tompul Sopurpuron kawin dengan marga Harahap, kawin dengan di Barus, kawin dengan marga Sitanggang, terakhir ada cerita kawin dengan marga Siringo-ringo di Samosir. Cerita lain menyebutkan kawin dengan Datu Dalu.
Mamoholi (Mamboan Aek ni Unte)
Mamoholi (Mamboan Aek ni Unte)Mamoholi disebut manomu-nomu yang maksudnya adalah menyambut kedatangan (kelahiran) bayi yang dinanti-nantikan itu. Disamping itu juga dikenal istilah lain untuk tradisi ini sebagai mamboan aek ni unte yang secara khusus digunakan bagi kunjungan dari keluarga hula-hula/tulang.

Pada hakikatnya tradisi mamoholi adalah sebuah bentuk nyata dari kehidupan masyarakat Batak tradisional di bona pasogit yang saling bertolong-tolongan (masiurupan). Seorang ibu yang baru melahirkan di kampung halaman, mungkin memerlukan istirahat paling tidak 10 hari sebelum dia mampu mempersiapkan makanannya sendiri. Dia masih harus berbaring di dekat tungku dapur untuk menghangatkan badanya dan disegi lain dia perlu makanan yang cukup bergizi untuk menjamin kelancaran air susu (ASI) bagi bayinya.